>
Monday, January 16, 2017 | 307 views

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Optimalisasi Kapal Pendukung Dan Jasa Pemanduan.

Jakarta, 06 Januari 2017 – Salah satu anak perusahaan PT. Pelindo yaitu PT. Jasa Armada Indonesia (“JAI”) hari ini resmi menjalin kerjasama dengan PT. PGN LNG Indonesia (“PGN LNG”) untuk Optimalisasi Pengoperasian Kapal Tunda dan Penggunaan Pandu.

Kapal Tunda adalah kapal yang dikuasai PGN LNG yang digunakan untuk menunjang kegiatan Ship to Ship di FSRU Lampung yang dioperasikan menggunakan jasa pandu. Dalam perjanjian ini, JAI dapat menggunakan Kapal Tunda untuk menunjang kegiatan operasional JAI dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan kpada PGN LNG, dengan bertanggungjawab atas keselamatan, keamanan dan pemeliharaan atas Kapal Tunda tersebut.

“Hal ini merupakan langkah penting bagi PGN LNG dalam efisiensi penggunaan kapal pendukung dan jasa pemanduan dengan mengoptimalisasikan fungsi dan sewa kepada JAI. Perjanjian ini diharapkan juga dapat turut membantu JAI dalam pengoperasian perusahaan” ungkap Mugiono, Direktur Utama PGN LNG dalam acara penandatanganan perjanjian.

PGN LNG memiliki 4 kapal tunda, 1 kapal patroli dan 1 kapal penumpang yang digunakan untuk penunjang operasi FSRU Lampung yang berada di Labuhan Maringgai. PGN LNG juga memiliki Mooring Master lokal untuk memandu kapal dalam kegiatan Ship to Ship, yang merupakan core business dari PGN LNG.