>
Wednesday, April 28, 2021 | 81 views

Wujudkan Sapta PGN Dalam Bidang Maritim, PLI Dan PTK Bentuk Kerjasama

Sebagai bentuk dukungan PT PGN LNG Indonesia (“PLI”) dalam terciptanya sinergi pengembangan bisnis di Pertamina Group, PLI melakukan kerjasama dengan PT Pertamina Trans Kontinental (“PTK”). Kerjasama ini tertuang dalam Perjanjian yang telah dilaksanakan pada Selasa, 27 April 2021 di kantor PTK.

Kerjasama ini merupakan upaya perusahaan dalam rangka operasi yang optimal, efektif dan efisien serta tetap mengutamakan aspek safety. Kerjasama ini terkait penyediaan Harbour Tug; Jasa Keagenan; ISPS RSO; Oil Spill Respons; Jasa Pemanduan; Konversi/Gasifikasi Kapal; Underwater Support Services; Distribusi Jalur Laut untuk program Pembangkit Listrik dan Pelatihan terkait pengoperasian LNG Receiving Terminal serta Kerjasama lainnya sepanjang mencakup bisnis para pihak.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PLI, Jeffry Hotman Simanjuntak mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan Bersama PTK merupakan proses bisnis yang penting bagi PLI. Ia berharap, kerja sama ini dapat menjadi tonggak awal yang baik bagi kerja sama yang berkesinambungan. “Diharapkan dengan sinergi ini akan semakin memperkuat kapabilitas pengelolaan kepelabuhan bagi kedua belah pihak sehingga turut mempercepat pertumbuhan bisnis Pertamina Group melalui kolaborasi yang terintegrasi,” tutur Jeffry.

Dilanjutkan sambutan Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan menyampaikan bahwa Kerjasama ini merupakan Langkah baik untuk menggabungkan kekuatan dan kelebihan dari sumber daya yang masing-masing dimiliki perusahaan. Ia menambahkan, bahwa Kerjasama ini bisa meningkatkan pada kolaborasi lainnya. “saya melihat beberapa potensi besar yang bisa dikembangkan bersama PTK dan PLI. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kemajuan Bersama” tutup Nepos.

Dalam semangat konversi penggunaan bahan bakar diesel ke gas dan mendukung program pemerintah dalam mengembangkan bahan bakar gas dalam sektor transportasi, kedepan PLI berharap adanya bentuk Kerjasama dengan PTK dimana dapat meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri dengan pemanfaatan LNG dan mengurangi angka impor HSD.

“sesuai dengan semangat Sapta PGN yang kelima yaitu PGN Sektor Maritim – layanan gas bumi untuk kebutuhan transportasi laut, kami melihat ada potensi besar yang dapat dikembangkan pada 161 unit kapal yang ada di PTK dan juga di Perusahaan Pelayaran Niaga lainnya.  Harapannya PLI dan PTK dapat terus menggali potensi Kerjasama guna memberikan nilai tambah bagi kedua Perusahaan” tutup Jeffry di tempat terpisah